Sabtu, 17 Januari 2009

Tidur yang Baik dan Sehat

haahahah sebenernya ga disuruh sih tp yaudahlah iseng aja gue masukin wkwkwk. (Pidato gue lohh)




"TIDUR YANG BAIK DAN SEHAT"


Selamat siang dan salam sejahtera bagu kita semua.

Kepada ibu Lita selaku guru bahasa Indonesia yang saya hormati dan teman – teman saya selaku penilai dan pendengar yang baik.

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah S.W.T karena berkat rahmatNya kita bisa berada disini dalam keadaan sehat dan bahagia. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada ibu Lita yang sudah memberi saya kesempatan untuk berpidato dan teman – teman yang sudah hadir disini. Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato tentang ‘Tidur yang Baik dan Sehat’. Latar belakang saya memilih topik ini karena sebenarnya tidur itu sangat baik untuk kesehatan jantung, konsentrasi, ketelitian, dan produksi kerja kita semua.

Mungkin bagi kita tidur malam merupakan hal yang sepele. Namun tidak begitu kenyatannya, sebenarnya kita tidak boleh tidur lebih dari jam 23.00 karena pada pukul 21.00-23.00 adalah waktu pembuangan zat- zat tidak berguna atau beracun di bagian sistem antibodi. Selama durasi waktu ini seharusnya kita dalam keadaan tenang. Pada pukul 23.00-01.00 terjadi proses pembuangan zat- zat tidak berguna atau beracun di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. Dan pada pukul 01.00-03.00 proses pembuangan zat- zat tidak berguna atau beracun di bagian empedu, juga harus berlangsung dalam kondisi tertidur. Jadi jangan sering – sering tidur terlalu malam apa lagi diatas jam 23.00 malam. Selain tidur malam, tidur siang juga tidak kalah pentingnya, karena tidur siang dapat mempercepat reaksi, membuat orang lebih sabar, mengurangi stress, meningkatkan kesehatan dan konsentrasi bahkan memperpanjang usia. Dalam ajaran agama Islam, tidur siang itu tidak dilarang, karena Rasulullah S.A.W pernah melakukannya.
Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat, kita harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu pakaian yang longgar, posisi kepala lebih tinggi dari anggota badan yang lain, sirkulasi udara yang baik, kasur yang nyaman, posisi tidur terlentang adalah posisi yang paling baik, hindari tidur telengkup, cuci muka dan melepas kalung, cincin atau ikat rambut untuk menyegarkan pori-pori kulit dan memperlancar sirkulasi darah dan otot tubuh,gosok gigi agar nyaman dan bangun dalam keadaan segar dan berdoa. Ada pula beberapa hal yang menyebabkan tidak lancarnya tidur yaitu masalah yang berat sehingga kita terus memikirkannya, Insomnia yaitu kesulitan tidur, radiasi yang ditimbulkan oleh telepon genggam ketika kita terbiasa mengobrol lewat telepon gengggam sebelum tidur, konsumsi kafein yang berlebihan, makanan pedas, minum minumam keras, makan terlalu banyak dan dengan cepat. Yang terjadi ketika tidur kita terganggu adalah sulit berkonsentrasi, reflex melambat, rasa lemah, gangguan memori dan lain-lain.

Kesimpulan dari pidato saya adalah tidur sangat penting bagi kesehatan kita, jangan sekali – kali meremehkan tidur. Tidur siang pun sangat bermanfaat. Sekian dari saya, semoga pidato singkat saya bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata – kata yang tidak berkenan, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Terimakasih atas perhatian dan waktunya.



Selamat siang

Tidak ada komentar: